Tugas Pertama Jadi Dubes Tunisia, Gus Mis Percaya Diri Kenakan Jaket Banser

Tugas Pertama Jadi Dubes Tunisia, Gus Mis Percaya Diri Kenakan Jaket Banser

TUNISIA – Belum lama ini, salah satu tokoh yang kritis dari Nahdlatul Ulama (NU), Zuhairi Misrawi alias Gus Mis, menjalankan tugas pertamanya menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia. Pria asal Madura tersebut dengan percaya diri mengenakan jaket kebesaran Banser saat di kedutaan Tunisia.         

“Menuju Tunis saya sengaja memakai jaket kebesaran Banser. Ada makna penting di balik itu semua, bahwa saya harus serius dan berani membela Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya itu saja, saya akan mempromosiakan Indonesia di Tunisia sebagai negara yang menjujung tinggi moderasi dan toleransi. Perjuangan Banser adalah menjaga moderasi dan toleransi di negeri ini. Banser sangat menginspirasi saya,” tulis Gus Mis dalam akun Facebooknya.

Bacaan Lainnya

Dalam agenda tugas pertamanya, Ia langsung mengunjungi basecamp dari PCINU. “Saya langsung silaturahim ke markas PCINU Tunisia untuk menyerap aspirasi WNI. Para mahasiswa sekarang masih dalam masa ujian. Alhamdulillah, WNI kita di sini sehat wal afiat, mereka sangat senang bisa menempuh pendidikan di Universitas Zaytunah,” tulisanya pada (13/01/2021).

Sebelumnya, Gus mid diketahui merupakan tokoh NU yang dikenal sebagai penulis dan intelektual muda. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Usai menamatkan kuliah, Zuhairi didapuk menjadi Koordinator Kajian dan Penelitian di Lembaga Kajian dan Sumber Daya Manusia NU (Lakpesdam NU).

Tak hanya melibatkan diri di dunia aktivis, Zuhairi juga terlibat di kancah politik. Ia merupakan politikus PDI Perjuangan.

Ia adalah salah satu Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019 lalu. Di Pilpres sebelumnya, Zuhairi juga menjadi tim sukses Jokowi-JK.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.