Setibanya di Mekah, JCH Kloter 21 Jatim Langsung Laksanakan Umroh Wajib

suasana ka'bah saat pelaksanaan umroh wajib (dok.sudari)
suasana ka'bah saat pelaksanaan umroh wajib (dok.sudari)

MEKKAH – Setibanya di Tanah Suci, Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia kolter 21 Kabupaten Sumenep Jawa Timur langsung melaksanakan ibadah umroh wajib.

Sudari salah satu JCH yang juga redaktur ahli Nuvoices menjelaskan perjalanan memakan waktu kurang lebih 12 jam dari bandara Juanda Surabaya. Berangkat pukul 4.40 pagi tiba di Bandara King Abdul Aziz, Mekkah Arab Saudi pukul 04.00 waktu setempat pada hari Ahad (19/06).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan lancar. Tampak jamaah lain juga sehat dan bisa merasakaan keindahan tanah suci,” terangnya saat dihubungi Tim Nuvoices.

Dirinya bersama JCH kloter 21 Jatim melaksanakan ibadah Umroh wajib mulai pukul 21.00 WAS. Ibadah itu meliputi Tawaf (berjalan memutari ka’bah), Sai (berlari-lari kecil Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya) serta Tahalul (memotong sebagian rambut).

Berbeda dengan umroh wajib, 2-3 hari kedepan jamaah akan melaksanakan umroh munfarid atau umroh secara mandiri yang merupakan bagian dari Sunnah.

“Semua jama’ah khusyuk dan khidmat. Alhamdulillah, semoga yang belum dipanggil segera terpanggil oleh Allah Swt.,” ucapnya melalui voice note.

Sebelumnya di tahun 2022 Kemenag Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 jemaah. Adapun dari jumlah tersebut, kuota untuk petugas pelaksana ibadah haji adalah sebanyak 1.901 orang.

Pemberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia tahun ini dilakukan pada 4 Juni 2022 dan akan berakhir 3 Juli 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.