PKKMB Fakultas Ilmu Keislaman UNIRA Malang Kolaborasikan Budaya Nusantara dan Keislaman

tari beskalan putri unira malang
Tari Beskalan Putri yang diperagakan Mahasiswi Unira Malang pada PKKMB Fakultas Ilmu Keislaman Unira Malang

MALANG – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau Orientasi Studi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oskab) Fakultas Ilmu Keislaman  Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang dihelat pada 6 September 2022 di Hall KH. Moh Said Gedung KH. Mahmud Zubaidi, MA.  Acara ini terasa istimewa karena memadukan unsur kebudayaan nusantara dan keislaman.

Memasuki tempat acara, para pejabat dan dosen dilingkungan Fakultas Ilmu Keislaman (FIK), dikirab dengan panji-panji yang menjadi kebanggaan dari Unira Malang. Selanjutnya disambut dengan tari beskalan putri. Tari ini merupakan tari khas malang, yang merupakan tarian tertua dan dulu merupakan tarian persembahan kepada leluhur atau yang dihormati.

Bacaan Lainnya

Tak berhenti disitu, tarian dilanjutkan dengan tari caplokan. Tari ini juga disebut dengan tari barongan yang aslinya berasal dari kediri. Tari caplokan / barongan memiliki makna keagungan dan kekuatan.  

Selanjutnya, sebelum memasuki acara inti oskab, kegiatan diawali dengan pembacaan istighosah yang dipimpin oleh  KH. Irfan Musadat, M.A, yang merupakan dosen di prodi PAI dan juga pengasuh pondok pesantren Al Karomah Curungrejo Kepanjen.

Dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Keislaman, Dr. Saifudin, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Saifudin, M.Pd menyampaikan bahwa oskab Fakultas Ilmu Keislaman merupakan gambaran dari Islam Nusantara.

“ Inilah Islam Nusanatara, Islam yang mampu memadukan aktifitas peribadatan (istighotsah) dan pagelaran kebudayaan yang masih dalam batas koridor syariat” Ujar Dr. Saifudin.

Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara bangsa dan memiliki budaya yang begitu beragam, memiliki kearifan lokal  yang tidak menabrak nilai keislaman harus terus dijaga. Hal ini juga merupakan wujud dari pilar visi Unira Malang, yakni Peace Education.

PKKMB Fakultas Ilmu Keislaman UNIRA Malang 2022

Hal ini juga sebagai wujud dari kaidah fikih  yang sering disitir dilingkungan Unira Malang mau[pun komunitas NU yakni “al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah”, yang bermakna “Memelihara yang lama yang baik dan mengambil yang baru yang lebih baik”. 

Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) merupakan fakultas yang memiliki 2 program studi. Kedua program studi tersebut adalah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan satunya adalah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kedua prodi ini merupakan prodi yang memiliki kesamaan dalam mencapai profil lulusan.

Adapun profil lulusan dari kedua prodi ini adalah membentuk atau mencetak lulusan yang memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik professional maupun sebagai pengelola lembaga pendidikan yang berbasis pada keislaman.

Meski demikian, terdapat perbedaan yang cukup mendasar yakni terkait dengan profil kemampuan lulusan. Prodi PAI mencetak guru agama islam, sedangkan Prodi PGMI mencetak guru kelas yang akan berkarir di tingkat pendidikan dasar berbasis keagamaan (Islam).

Pada materi yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Keislaman, Dr. Saifudin, M.Pd memberikan penjelasan terkait dengan sejarah berdirinya Fakultas Ilmu Keislaman  hingga visi, misi dan tujuan fakultas.

Dalam kesempatan tersebut, sang dekan juga menyampaikan sekilas sejarah berdirinya fakultas. Fakultas Ilmu Keislaman sendiri merupakan hasil metamorfosis akibat perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Raden Rahmat menjadi Universitas Islam Raden Rahmat. Hal ini berdampak pada perubahan prodi dibawah naungan STAI Raden Rahmat  menjadi Fakultas Ilmu Keislaman.  

Diujung kegiatan, untuk menumbuhkan semangat dan rasa kebersamaan, beberapa mahasiswa menyanyikan beberapa lagu yang sedang ramai diperbincangkan. Salah satu lagu yang dinyanyikan adalah lagu yang sedang viral saat ini, “ Ojo disbanding-bandingke” . Lagu ini dinyanyikan secara bersama dan penjadi pemungkas acara oskab Fakultas Ilmu Keislaman Unira Malang  tahun 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *