NUMuda: dari Slogan Menuju Sumber Informasi Rujukan

Oleh: Zanadia Manik Fatimah

NUMuda.id merupakan platform dibawah naungan PCNU Kota Malang. NuMuda. Id diharapkan mampu berkontribusi dalam penyampaian informasi seputar kegiatan keagaaman yang diadakan Nadlatul Ulama (NU) dan juga memuat informasi keagamaan yang penting pula.

Bacaan Lainnya

Berdirinya website ini tak lepas dari pelantikan PCNU Kota Malang masa bakti 2017-2022. Mulanya numuda adalah sebuah slogan yang diusung NU Kota Malang. “NU Kota Malang memiliki tagline ‘NU MUDA’ yang merupakan kepanjangan NU Menjaga Marwah Ulama dan Aswaja. (18/2),” kata Ketua PCNU Kota Malang terpilih, Isroqunnajah, Rabu (15/2) (Sumber NU Online).

Dari slogan inilah akhirnya lahir website NUMuda.id. Terdapat pemikiran yang membuat slogan ini berkembang menjadi sebuah website. Latar belakang terbentuknya karena kebutuhan untuk mempublikasikan kegiatan NU di zaman yang serba canggih ini.

“NU sebagai lembaga sosial masyarakat keagamaan perlu menyampaikan kepada masyarakat terkait kegiatannya, aktivitasnya, karya-karyanya, dan hal-hal yang terkait dengan jamaah dan jam’iyah NU Sehingga kebutuhan kelembagaan dan kebutuhan syiar bisa tersampaikan,” imbuh Achmad Diny Hidayatullah yang saat ini menjabat sebagai Ketua LTN NU Kota Malang dalam voice note yang dikirim melalui whatsapp. 

Ternyata terdapat beberapa tokoh sentral yang turut memprakarsai terbentuknya website NUMuda.id ini. Hal ini diketahui setelah mewawancarai Achmad Diny Hidayatullah melalui pesan whatsapp. Tokoh- tokoh tersebut, yaitu KH. Isroqunnajah (Ketua PCNU Kota Malang), Asif Budairi (Sekretaris PCNU Kota Malang), Khoirul Anwar (Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang), Achmad Diny Hidayatullah (Ketua LTN NU kota Malang), serta Dani Maroe Beni (Sekretaris LTN NU Kota Malang). Kelimanya dibantu pihak-pihak lainnya turut berkontribusi dan mendampingi terbentuknya website NUMuda.id.

Perjalanan website ini tidaklah semudah yang dibayangkan. NUMuda.id ternyata pernah mengalami permasalahan. Hal ini disampaikan Seperti kekosongan konten selama kurang lebih satu bulan, kurang konsisten dalam memproduksi konten, atau bahkan sampai saat ini belum memiliki struktur keorganisasian yang jelas. Ternyata CMS atau content management system sempat berubah dari webmasternya kemudian diolah sendiri menggunakan CMS berbasis WordPress.

Disamping itu, nampaknya website NUMuda.id sudah banyak memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Artinya  NUMuda yang semula slogan akhirnya turut terealisasi menjadi website berbasis wordpress ini.

Saat ini terpantau sudah lebih dari 700 unggahan pada website NUMuda.id dengan unggahan pertama yang terbit pada tanggal 29 Oktober 2016 pukul 22. 09 WIB. Berdasarkan hasil konferensi NU Kota Malang 2022 direncanakan akan mengajukan NUMuda guna mendapat HKI atau hak atas kekayaan intelektual. Hal ini dimaksudkan agar tercipta branding NUMuda.id, artinya jika bicara NUMuda maka akan fokus atau dipahami bahwa itu yang dimaksud adalah NU kota Malang.

Kedepannya terdapat rencana untuk penetapan visi misi yang lebih profesional. “Kedepannya mungkin kita ingin punya visi yang lebih profesional, karena nanti LTN akan diisi oleh orang media, sehingga bisa dikelola secara profesional, kontennya bisa setiap hari, kontennya juga bisa lebih aktif dan lebih variatif,” tutur lelaki yang akrab disapa Mas Diny ini.

Besar harapan agar website NUMuda.id ini mampu menjadi sumber rujukan bagi mereka yang mencari informasi terkait kegiatan NU, serta amaliyah NU. Intinya, kedepannya ingin melakukan pengembangan terkait sosial-keagamaan yang berupa kabar-kabar baik seputar kehidupan sosial kemasyarakatan, menjadi media mainstreaming untuk mempromosikan moderasi beragama, serta aktivitas dari berbagai sudut kehidupan masyarakat Indonesia secara umum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *