Motif Wanita Penerobos Istana Ingin Sampaikan ke Jokowi Bahwa Pancasila itu Salah

Motif Wanita Penerobos Istana Ingin Sampaikan ke Jokowi Bahwa Pancasila itu Salah

JAKARTA – Tujuan Siti Elina (24) menodong Paspampres dan mencoba menerobos Istana Negara terkuak. Rupanya ia hendak bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dia datang ke Istana, sebenarnya hasil pemeriksaan kita tujuannya adalah ingin bertemu Pak Jokowi,” ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam konferensi pers, Rabu (26/10).

Bacaan Lainnya

Siti hendak menyampaikan sejumlah hal terkait dasar negara. Menurutnya, dasar Negara Indonesia salah.

“(Siti) ingin menyampaikan bahwa Indonesia ini salah, karena dasarnya bukan Islam, tapi ideologinya Pancasila,” lanjutnya.

Sementara hasil penggeledahan yang dilakukan Densus 88 dan Polda Metro Jaya di rumah Siti Elina (24). Anggota mendapati senjata lain dalam penggeledahan itu.

“Kegiatan penggeledahan yang kemudian menemukan ada beberapa senjata lain,” kata Kabag Bantuan Operasional Densus 88, Kombes Aswin Siregar.

Warga Kampung Mangga, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara adalah Ibu rumah tangga, pelaku tertutup dengan warga sekitar. Ia kerap memaksa anak-anak mengaji.

Selain itu, ia diduga merupakan anggota suatu pengajian salaf atau HTI dalam hal ini masih menunggu proses penyidikan.

Sampai saat ini belum ada indikasi keterkaitan dengan jaringan teroris. Kemungkinan pelaku bertindak sendiri tanpa ada suruhan (lone wolf). Terindikasi depresi karena ditinggal suaminya sebulan lebih dan akan bercerai. Kemampuan combatan tidak ada.

Ia diperkirakan dijerat dengan UU darurat tentang penguasaan senjata api tanpa ijin, menerobos area terlarang, dan ancaman kepada petugas.

Sebelumnya, Siti diketahui mencoba menerobos Istana Negara pada Selasa (25/10/2022) pukul 07.00 WIB di pintu masuk Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *