Makam Syaikhona Kholil, Bangkalan Ramai Dikunjungi Pemudik

BANGKALAN – Wisata religi yang wajib dikunjungi ketika berada di Bangkalan, Madura ialah makam Syaikhona Kholil, Bangkalan.

Makam tersebut terletak di Desa Martajasah Kabupaten Bangkalan. Setiap harinya banyak masyarakat yang datang ke makam guru besar yang berada di pulau Madura tersebut. Tidak hanya masyarat Madura saja yang berziarah, namun juga banyak orang yang datang dari luar Pulau Madura membawa rombongan.

Bacaan Lainnya

Tim redaksi Nuvoices saat berziarah ke makam tersebut melihat cukup banyak peziarah yang mengunjungi makam tersebut. Tidak hanya ingin mendapatkan keberkahan dari makam, banyak wisatawan juga ingin mengabadikan momen dengan berfoto di depan pelantaran masjid.

Menurut Waldan salah satu warga lokal menuturkan keramaian pengunjung ketika lebaran seperti ini tidak sebanyak ketika sebelum pandemi. Biasanya, masjid bisa dipenuhi jamaah peziarah, bahkan parkiran dipenuhi bus besar dari luar madura.

“Saat seperti ini suasananya relatif sepi, kebanyakan para pemudik yang mampir sepulang ke rumah saudaranya atau setelah nyekar ke makam keluarga. Beda lagi kalau malam jumat biasanya ramai warga lokal membaca tahlil dan yasin di makam tersebut,” ucapnya pada Rabu (4/5/2022).

Menurutnya, ramainya peziarah tersebut karena banyak yang menganggap makam itu keramat. Bahkan, para peziarah berkunjung  ke makam itu sebelum melaksanakan hajat besarnya seperti naik Haji, Umroh dan hajat pribadinya dengan anggapan mendapat kelancaran setelah berziarah ke makam wali tersebut.

Di sisi lain, peziarah juga bisa menikmati aneka kuliner makanan khas Madura seperti; Sate, Pentol, Bakso, dan Mi Ayam. Meskipun menurutnya harganya relatif mahal karena kawasan wisata.

“Yang rame biasanya orang beli celurit dan pisau untuk soviner atau oleh-oleh,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.