Kiswah Ka’bah Telah Diangkat, Tandai Awal Musim Haji 2022

Kiswah Ka'bah mulai digulung menandai awal musim haji 2022. (Foto: Dok. Presidensi Dua Masjid Suci/Saudi Gazzete)

MEKKAH – Senin (21/06) waktu setempat, Pengurus Presidensi Masjidil Haram telah melakukan adat tahunan yakni menaikkan bagian bawah penutup (kiswah) Ka’bah Suci sekitar tiga meter sesuai dengan rencana untuk musim haji 2022.

Bagian kiswah yang terangkat ditutup dengan kain katun putih yang lebarnya kira-kira dua meter di keempat sisinya.

Bacaan Lainnya

Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, kepala Kepresidenan, mengikuti dalam prosedur adat dalam persiapan untuk musim haji tahunan. Beliau menekankan pentingnya kepedulian dan perhatian besar yang diterima oleh para kiswah Ka’bah sepanjang tahun dari para pemimpin yang bijaksana.

“Ini merupakan perpanjangan dari kepedulian pemerintah Saudi, sejak berdirinya di tangan Raja Abdul Aziz, dalam merawat Dua Masjid Suci serta jamaah haji dan umrah dan fasilitas untuk mereka secara umum, dan Ka’bah Suci khususnya,” katanya dilansir dari Saudi Gazette.

 Dia menekankan bahwa Arab Saudi melakukan segala sesuatu yang akan memfasilitasi para tamu Allah untuk melakukan ibadah dan ritual mereka dengan mudah dan nyaman.

Prosedur menaikkan kiswah Ka’bah dilakukan setiap tahun sebagai tindakan pencegahan agar para peziarah tidak merusak kiswah karena mereka cenderung menyentuhnya selama tawaf (berputar-putar di sekitar Ka’bah).

Penjahit spesialis Saudi dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Penutup Ka’bah mengambil bagian dalam proses menaikkan kiswah, yaitu sepotong sutra hitam dengan ayat-ayat Al-Qur’an tertulis di atasnya, untuk melindunginya dari gangguan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.