Khotijah, Kader Fatayat NU, Siap Perjuangkan Hak Perempuan ke KNPI

MALANG – Siti Khotijah S.Pd., salah satu cendikia perempuan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang.

Wanita yang juga menjabat pengurus KNPI Kecamatan Kedungkandang tersebut menjelaskan sebagai perempuan, bukan suatu penghalang untuk maju sebagai Ketua KNPI.

Bacaan Lainnya

“Keinginan kuat untuk maju sebagai Ketua KNPI Kota Malang, karena dengan KNPI kami yakin akan lebih maksimal dalam memperjuangkan hak – hak perempuan khususnya di kalangan pemuda”, ungkap Siti Khotijah.

Dalam prosesnya ia menilai kurangnya upaya masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus – kasus yang merugikan kaum perempuan.

“Setiap terjadi kasus, perempuan acap kali berada dalam posisi yang dirugikan”, ujar Khotijah yang juga menjabat sebagai Kepala SD Islam Nurul Izzah Malang.

Dia berharap pada masyarakat untuk tidak mentolerir adanya prilaku diskriminatif dan menjurus pada pelecehan terhadap perempuan. Hal ini dimulai dari lingkup terkecil dalam keluarga.

DItambahkan bahwa di sisi lain kaum perempuan perlu meningkatkan kapasitas dan peran sosialnya di tengah masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada syariat dan norma – norma yang berlaku agar tidak mudah menjadi korban.

“Di era seperti ini, perempuan akan lebih dihormati jika memiliki kapasitas yang cukup dan berperan di ruang – ruang publik”, tambahnya.

Seperti halnya Fatayat sebagai organisasi sosial, kemasyarakatan dan keagamaan mempunyai peran strategis dalam memberdayakan perempuan baik dibidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan hukum.

Di Kota Malang khususnya Fatayat mempunyai lembaga Koperasi Wanita “Yasmin”, Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (LKP3A) serta Gerakan Sehat Fatayat dan Santri Nusantara.

Perempuan kelahiran tahun 1985 ini memiliki segudang pengalaman di dunia pendidikan. Ia merupakan mahasiswi Lulusan Terbaik Universitas Wisnuwardhana Malang Jurusan Pendidikan Matematika pada tahun 2013.

Selama menjadi mahasiswa, ia berhasil mengantongi berbagai macam kejuaraan, salah satunya yaitu menjadi juara Favorit dalam ajang PIMNAS (Pekan Mahasiswa Nasional) ke-24 Tahun 2011 dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Mahasiswa.

Tahun 2016 lalu, gugus sekolah yg ia pimpin berhasil meraih Juara Klub olahraga Sekolah Dasar Tingkat Nasional. Saat ini Khotijah juga berhimpun di Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ia mengatakan sebagai pemimpin di ruang – ruang publik, perempuan akan lebih mampu memberikan pengaruh positif pada masyarakat. Karena menurutnya perempuan memiliki kelebihan naluri dan pengendalian emosi dibanding laki – laki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.