K.H. Syaifudin Zuhri: Ulama Karismatik Kota Malang

KH Syaifudin Zuhri

Oleh : Muhammad Maulana

Sosok Kiai yg sederhana dan cerdas, berangkat dari desa menjadi ulama’ yang karismatik di kota malang. Beliau juga sebagai pengasuh Pondok Pesantren I’anatut Tholibin di kecamatan Blimbing. Yang biasa terkenal kegiatan Ngaji Sabtu Pagi.

Bacaan Lainnya

Terakhir ini muncul nama beliau di tengah-tengah ajang menjelang konferensi Nahdlatul Ulama (NU) di kota Malang sebagai calon ketua yang diharapkan bisa menahkodai NU lebih maju lagi.

Konferensi NU Kota Malang ini sudah ditunggu-tunggu oleh warga NU kota Malang karena akan menjadi harapan baru NU kota Malang bisa lebih baik dan terasa kemaslahatannya untuk umat.

KH Syaifudin Zuhri adalah figur pejuang NU sejak masa Mudanya yg hingga saat ini menjadi Rois Syuriah di MWC NU Blimbing. Beliau adalah Kader NU tulen yang tertib mengikuti jenjang pengkaderan organisasi mulai dari IPNU, Ansor hingga pengurus NU.

Bahkan diusianya sekarang dan sudah menjadi figur kyai, beliau telah mengikuti PKPNU.

Awalnya beliau “KH Syaifudin Zuhri” tidak menyangka bahwa dirinya akan dicalonkan. Kemudian Banyak Para Kyai, Ketua MWC NU dan banyak ranting NU di kota Malang datang ke beliau dengan menyapaikan ingin mencalonkan beliau sebagai ketua NU dan menaruh harapan NU kota malang kepada beliau.

Kemudian beliau akhirnya tersadar bahwasannya banyak aspirasi baik fikroh maupun harokah dari warga NU khususnya pengurus ranting yang selama ini belum atau tidak bisa terwadahi di Jam’iyahnya sendiri selama ini.

Karena alasan dan semangat dorongan tersebut, beliau “KH Syaidudin Zuhri” menjawab “insyallah saya siap Dicalonkan menjadi ketua NU. Dan Kader NU Harus Siap asalkan mendapatkan restu dari para kyai dan kehendak warga Nahdhliyin. Dan tidak menggunakan cara-cara yg tidak bijak bahkan sarat akan kepentingan. Karena NU ini organisasi yang besar, dan banyak contoh diluaran sana banyak kepentingan yang menunggangi untuk hal-hal yang mengusik hati dan pikiran warga NU.” Ujar kyai Syaifudin.

Yang akhirnya KH Syaifudin Zuhri berkenan Maju menjadi calon ketua NU kota Malang.

Walaupun ditengah perjalanan banyak yang bersuudzon kepada beliau bahwasannya ada kepentingan partai atau pribadi dibelakang beliau, beliau tetap maju dan malah menegaskan. “Ojo sampe ono partai utowo uwong sing duwe gawe cawe-cawe. Eman NU iki, guduk politik. Nggolek percoyone umat iku angel” terjemahan “jangan sampai ada partai maupun orang punya kepentingan ikut campur, sayang NU nya, NU ini bukan politik. Mencari kepercayaan umat itu sulit”

Kemudian kami menanyakan lagi, nopo tasih ngersaaken dicalonkan kyai? (Apa yai masih mau dicalonkan?) Jawab beliau “nek dikersaaken gusti allah yo di trimo lan kudu siap tanggung jawab, iki duduk urusan menang kalah utowo dadi gak dadi, tapi amanat neruske perjuangane mbah hasyim mikul hajate umat kanggo agomo lan negoro” (kalau di takdir sama allah jadi ya harus siap dan tanggung jawab. Ini bukan urusan menang kalau atau jadi tidak jadi. Tapi amanat meneruskan perjuangan mbah hasyim memikul beban umat untuk agama dan negara.) ditambah lagi gurau kecil beliau bertanya, “kuat a sampean? Jawab kami “mboten yai”. Kami sambil tertawa kecil.

Yang pada kesimpulannya KH. Syaifudin Zuhri insyallah akan mewarnai menjadi salah satu calon kuat sebagai ketua tanfidziyah NU kota Malang dg figur baru yang sederhana, merakyat dan punya visi dan misi membawa NU kota Malang lebih manfaat dan maju likulli makan, likulli zaman. Semoga Allah selalu menjaga beliau. Amin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.