Ingin Kulit Anda Cerah dan Sehat, Konsumsi Makanan Ini

Dokter gizi RSI Unisma Ulfah Karunia. A.Md, Gz

MALANG – Semua orang ingin terlihat tampil cantik dan menarik. Terutama kau hawa. banyak hal yang dilakukan oleh para kaum wanita agar bisa tampil lebih cantik dan menarik. Mulai dari melakukan perawatan ke salon, menggunakan kosmetik yang mahal, mengkonsumsi suplemen multivitamin bahkan rela melakukan operasi plastik demi tampil cantik. Namun, bagaimana sebenarnya kecantikan bila dilihat dari gizi dan kesehatan tubuhnya?

Ahli gizi RSI Unisma Zulfah Karunia. A.Md, Gz, menjelaskan beberapa makanan yang perlu dikonsumsi agar kulit tetap sehat. Beberapa makanan tersebut yang mengandung mikronutrien dan makronutrien atau makro dan mikro.

Bacaan Lainnya

Untuk kecantikan kulit jenis zat besi makro yang diperlukan adalah protein dan lemak. Protein diperlukan untuk bahan baku pembentuk kolagen. Kolagen tersebut yang membuat kulit kita kencang. Beberapa bahan makanan protein tersebut berasal dari hewani, seperti ayam terutama ikan-ikan laut.

Sedangkan untuk  lemak diperlukan untuk menjaga sel kulit kita berfungsi dengan baik.  Terutama lemak tidak jenuh. Lemak tersebut bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji biji, buah alpukat minyak wijen dan minyak jagung.

Di sisi lain yang diperlukan kulit agar tetap sehat adalah zat besi mikro. Ini diperlukan hanya sedikit namun tetap penting bagi kita yakni golongan vitamin dan mineral. Diantaranya adalah vitamin C, E, A, mineral zinc dan selenium.

Lantas bagaimana rumusnya agar dapat menkonsumsi makanan sehat? Dirinya menjelaskan untuk tetap mengkonsumsi makanan berimbang.

“Kuncinya mengkonsumsi aneka ragam bahan makanan protein, lemak vitamin dan mineral.” Terangnya dalam podcast RSI Unisma (13/4/2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.