Halal bi Halal KMNU UB, Gus Rifqi Jelaskan 10 Manfaat Silaturahim

MALANG – Masih suasan idul fitri, Gus Rifqil Muslim Suyuthi jelaskan tentang 10 manfaat silaturrahim. Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam Kendal Kaliwungu tersebut diundang untuk memberikan Mauidhoh Hasanah pada acara Halal Bi Halal Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Brawijaya (KMNU) Sabtu (7/5/2022) melalui zoom meeting. 

“Di Kitab Hasyiyah Bujairimi alal Khathib halaman 271 juz 3 dikatakan dalam siltaurahmi terdapat 10 keutamaan yang terpuji. Yang pertama orang yang menjaga silaturrahim akan mendapatkan ridho Allah,” Ungkap Alumnus Pascasarjana UIN Walisongo Semarang tersebut.
Beliau menjelaskan keutamaan yang kedua yaitu silaturahim dapat membuat seseorang bahagia. Beliau juga menghimbau apabila ada saudara atau teman yang mendapatkan nikmat dan kebahagiaan kita juga ikut berbahagia bukan malah mencemoohnya.

Bacaan Lainnya

Melu bahagia, melu seneng. Hendaknya kalau ada saudara kita yang bahagia kita juga ikut bahagia. Jangan malah dinyinyirin,” terang Suami Ning Imas Lirboyo tersebut.

“Kemudian berikutnya membuat malaikat bahagia, karena malaikat itu seneng dengan orang yang menjalin silaturrahim. Keempat melahirkan memori positif, Karena mengingat ada saudara atau teman yang pernah berkunjung ke rumah,” paparnya Gus yang menyandang gelar Intelektual Muda NU Jateng tersebut.

Selain itu, silaturrahim juga dapat membuat setan atau iblis merasa tidak senang.

“Nah ini bedanya dengan malaikat. Kalau malaikat senang dengan orang yang menjalin silturrahim. Kalau setan atau iblis ya merasa jengkel, iri, susah,” ungkap Pemilik Gus Rifqil Channel tersebut.

Beliau menjelaskan, keutamaan silaturrahim antara lain dapat menambah umur dan memperoleh berkah.

“Menambah umur. Banyak hadis yang mengatakan bahwa silaturrahim dapat menambah rizki dan umur. Kemudian mendapatkan barokah. Barokah adalah cukup. Sering dicontohkan oleh Abah semisal ketika orang itu mau beli rokok. Sugih koyok opo lek pas tuku rokok kurang meskipun cuma 1 rupiah berarti fakir. Karena fakir artinya kurang. Akhirnya dia nggak bisa beli rokok hanya gara-gara kurang 1 rupiah. Kalau barokah  mau ngapa-ngapain atau beli sesuatu itu mesti cukup,” terangnya.

Keutamaan menjalin silaturahim selanjutnya adalah membahagiakan orang tua dan menjaga muru`ah serta mendapatkan pahala.

“Membahagiakan orang tua berarti bapak, ibu, kakek, nenek dan sebagainya. Karena mereka senang lihat anak cucu bisa berkumpul dan yang kesepuluh menambah muru`ah atau harga diri,” ungkapnya.
Beliau juga mengutip hadis yang diriwayatkan Imam Bukhori berbunyi 

“ مَن”ْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَه

“Yang kurang lebih artinya barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahim,” jelasnya.

Dalam keadaan pandemi yang mana dilarang mudik dan berkumpul, silaturahim dapat dilakukan melaui perantara media seperti zoom, whatsapp dan media

“Nah kalau kondisi pandemi yang mana dilarang mudik maka bisa diwasilahi dengan teknologi. Contohnya zoom, whatsapp, video call dan lain sebagainya.” Jelasnya.

Pewarta : Enda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.