Hadiri Silaturahmi Akbar Bani KH M Thohir, Katib PBNU: Tanggung Jawab Moral Melanjutkan Khidmat

MALANG – Katib Syuriyah PBNU, KH. Nurul Yaqin Ishaq turut hadiri Silaturahmi Akbar Bani KH M Thohir di Halaman Pondok Pesantren Miftahul Falah, Bungkuk, Pagentan, Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (30/10/2022). Silaturahmi Bani KH M Thohir diikuti 5 Bani Dzuriyah diantaranya Bani KH Nawawi, Bani Nyai Umi Kulsum, Bani Nyai Chalimah, Bani Nyai Zainab, dan Bani KH Nachrowi.

“Alhamdulillah, saya bisa menghadiri pertemuan keluarga yang luar biasa ini. Saya termasuk dalam Dzuriyah Bani Nyai Zainab. Beliau memiliki 11 anak, salah satunya Nyai Siti Muzayyanah. Kemudian, Nyai Muzayyanah memiliki anak 11, yang ragil tersebut saya. Jadi, saya cucunya Nyai Zainab atau Cicitnya KH M Thohir,” kata KH. Nurul Yaqin Ishaq,

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa pertemuan khusus Silaturahmi Akbar Bani KH M Thohir merupakan kali pertama digelar.

“Kalau, zaman KH Masykur (Menantu Nyai Chalimah), momennya adalah Haul Mbah Thohir. Oleh karenanya, saya melihat pertemuan ini sangat luar biasa manfaat dan hikmahnya. Karena, banyak di antara kita saudara – saudara Bani KH M Thohir yang tidak mengenal satu sama lain,” tambahnya.

Kiai Nurul Yaqin Ishaq juga mengapresiasi Silaturahmi Akbar Bani KH M Thohir yang dihadiri keluarga dari berbagai daerah seperti halnya Jakarta, Banten, dan lain sebagainya.

“Ada sesuatu yang menurut saya sukses, saya kira lebih dari 1000 orang yang hadir. Karena tujuannya hanya 1 menjalin silaturahmi, dari awal sampai akhir tidak ada yang bicara masalah politik. Itu yang menjadi, motivasi dorongan kita semua, sehingga mau hadir dari berbagai daerah,” terangnya.

Peran KH Nurul Yaqin Ishaq di PBNU sejatinya melanjutkan peran dari KH Nachrowi Thohir, KH Masykur, KH M Tholhah Hasan (Bani Nyai Chalimah) yang terlebih dahulu berkhidmat di PBNU.

“Saya kira bukan pesan PBNU, tetapi kita sebagai insan Nahdliyin yang kebetulan saat ini diberikan kepercayaan dalam struktural. Ini suatu tanggung jawab moral bagi kita untuk meneladani khidmat pengabdian dan perjuangan Mbah Thohir yang dilanjutkan oleh Mbah Nachrowi Thohir yang juga masuk awal kepemimpinan PBNU. Ini tanggung jawab moral meneruskan perjuangan beliau khidmat dalam kepengurusan NU,” tutupnya.

Selain KH. Nurul Yaqin Ishaq, dzuriyah Bani KH M Thohir yang menjadi, Pengurus PBNU saat ini diantaranya yakni Katib Syuriyah PBNU, KH. Faiz Syukron Makmun (Bani Nyai Chalimah) dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, KH. Imron Rosyadi Hamid (Bani Nyai Chalimah).

Pewarta: Miftachul Rizki

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *