Faidah Melestarikan Tahlilan

Faidah Melestarikan Tahlilan

Oleh: Gus Ion

Tahlilan, atau kata tahlil yang diberi akhiran –an menjadi Tahlilan, sama saja artinya karena ini dari kata Bahasa Arab hallala (هَلَّلَ) yuhallilu (يُهَلِّلُ ) tahlilan (تَهْلِيْلاً ) yang berarti membaca kalimat La ilaha illa Allah (لااله الا الله) Atau dalam Thariqah Anfusiyah, bahwa Tahlilan dimaknai Padang (terang) Lan Madangno (dan membuat terang). Sebuah tradisi yang sudah mengakar di kalangan masyarakat Muslim Indonesia,  khususnya bagi masyarakat Nahdhiyyin (NU). Tahlilan menjadi aktivitas rutin setiap malam Jum’at dan pada momen-momen tertentu, seperti kirim doa untuk keluarga yang sudah wafat, dilakukan secara berjama’ah dalam suatu majlis (masjid).

Bacaan Lainnya

Tradisi Tahlilan ini mulai dilestarikan sejak para sahabat hingga saat ini, di Pondok Pesantren Agung Al Mubarok Malang di bawah Asuhan (Gus ion), Tradisi Yasinan dan Tahlilan merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap hari kamis malam Jumat ba,da Sholat Maghrib. Kemudian hari Jumat pagi Ba’da shalat Subuh Kahfian (Membaca Surah Kahfi) oleh para santri di Masjid Agung Rasulullah. Sehingga yasinan dan tahlilan merupakan budaya yang tak pernah hilang yang senantiasa selalu dilestarikan dan terus dijaga eksistensinya sampai Yaumil Qiyamah.

Begitula apabila ada orang yang meninggal di sebuah daerah yang masyarakatnya Nahdiyyin (NU)  pastinya akan diadakan Tahlilan di malam harinya, yang diawali disiang harinya dengan Takziah dengan membawa Bahan Makanan untuk dibuat suguhan untuk tamu yang Takziah dan Suguhan di malam harinya tatkala Tahlilan. Untuk kita ketahui bahwa secara bahasa Takziah (Ta’ziah) berasal dari kata ‘Azza, Yu’azzi,  Ta’ziyatan yang artinya menghibur atau mendorong agar bersabar. Jadi , definisi takziah secara istilah yaitu sebuah usaha untuk menjadikan keluarga yang meninggal dunia agar tetap bersabar dalam menghadapi ujian yang sedang menimpanya dan di Malam harinya diadakan Tahlilan untuk membuat Padang (terang) hati dari keluarga yang yang di tinggalkan, karena hati keluarga yang ditinggalkan pastinya sedih atas kepergian orang yang dicintainya, kesedihan itu dilambangkan kesuraman atau kegelapan jiwa. Dengan diadakan Tahlilan dapat membuat keluarga yang hatinya (jiwanya) yang sedang gelap bisa step by step berubah terang (terhibur) kembali ceria penuh dengan harapan kebaikan dimasa yang akan datang.

Adapun Adab takziyah

  1. Menghibur keluarga yang terkena musibah (Sohibul Musibah)
  2. Bersikap sopan dan berbicara dengan santun (menjaga pembicaraan dari menyinggung)
  3. Mengikuti penyelenggaraan Jenazah (Memandikan, Mengkafani, Menshalatkan dan menguburkan)
  4. Disunnahkan untuk membuat makanan bagi keluarga jenazah (untuk disuguhkan ke orang yang takziah dan pada acara Tahlilan), intinya tidak menyibukkan dan menyulitkan sohibul musibah.

Faedah dari Tahlilan

  1. Melatih dan membiasakan kita untuk membaca kalimah Thayyibah, seperti: Astaghfirullahal ‘Adhim,  La Ilaha IllAllah, SubhanAllah Wa Bihamdihi SubhanAllahal ‘Adhim, dan seterusnya.
  2. Kedua, memelihara dan menjalin hubungan silaturrahim, menyambung hubungan kekerabatan dan persaudaraan antarumat Islam (ukhuwwah Islamiyyah
  3. Berbakti kepada orang tua, kerabat kita dan berbuat baik kepada sesama saudara. Karena dalam  tahlil kita mendoakan kepada orang tua kita, keluarga kita dan saudara-saudara kita, baik yang sudah meninggal maupun yang belum.
  4. Bersedekah. Di samping bertahlil kita juga menjamu hidangan (sesuai kemampuan) kepada para jama’ah.
  5. Beribadah  dan mencari ridha Allah SWT.

Semoga kita di akhir hayat kita bisa melafalkan Tahlil لااله الا الله dan Husnul Khatimah, sesuai dawuh Kanjeng Nabiyuna Muhammad SAW:

  عَنْ مُعَاذَ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ كَانَ آخِرَ كَلَامِهِ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله دَخَلَ الْجَنَّةَ  

Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Siapa orang yang diakhir ucapannya (ketika menjelang ajal) kalimat La ilaha illallah maka ia masuk surga’.” 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.