Desa di Kabupaten Malang Ini Menjadi Kampung Moderasi Agama

(dok: Harmono)

MALANG – Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang, dinobatkan sebagai kampung moderasi agama. Pengesahan tersebut dihelat oleh kementrian agama Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal (18-19/05/22) ini dihadiri langsung oleh bapak kepala kemenag kab malang. Dr. KH Mustain, para kasi dan juga pengurus penyuluh provensi jawa timur.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya bapak kepala kemenag kab malang menyampaikan bahwa betapa penting dan urgensinya nilai-nilai moderasi beragama di terapkan di tengah-tengah lapisan masyarakat Indonesia yang multi agama, sehingga diharapkan negara indonesia umumnya serta malang raya khususnya tetap sejuk, damai, rukun.

penyuluhan agama honorer (PAH) se-Malang raya foto bersama dengan kepala kemenag kabupaten malang Dr. KH Mustain.

“Kenapa lokasi moderasi beragama di tempatkan di desa Sidodadi dikarenakan desa ini sudah lama sebelum kemenag mencanangkan program moderasi beragama desa sidodadi telah mempraktekan diri sebagai desa yang damai, rukun, harmonis dan penuh guyup rukun sesuai dengan falsafah bangsa ini Bhineka Tunggal Eka.”, pungkasnya

Ia menambahkan, sambutan dan pelayanan yang diberikan oleh para warga sidodadi penuh dengan simpati dan empati bahkan laksana tinggal di keluarga sendiri.

Senada dengan hal itu Harmono Ahmad sebagai anggota PAH Kalipare mengucapkan terima kasih kepada para warga Sidodadi. Menurutnya, puncak dari pengamalan nilai-nilai  keagamaan adalah ketika sesama tidak mengenal batas agama, ras, suku semata. Namun humanisme yang sarat akan makna, dengan semangat moderasi beragama telah mengantarkan warga sidodadi menjadi wilayah yang raman dan open bagi pemeluk semua agama.

Para penggerak moderasi beragama, sesuai dengan catatan dikaos kuning yang dipakai merupakan cermin moderasi beragama akan senantiasa disematkan. ini adalah awal dari semua penyuluh agama se Malang raya bergerak.

“Mari menjadi agent of change di kecamatan kita masing-masing, selamat dan sukses dalam perhelatan moderasi beragama di wilayah malang raya semoga langkah dan khidmah kita senantiasa seiring dengan Ridho dan Maunah Allah Swt.”, tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.