Bukan PKKMB Melainkan Adakan OSKAB Untuk Maba, Unira Malang Berikan Penjelasan

Penampilan Tari Paras Nusantara oleh UKM Tari UNIRA Malang

Malang – Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang tahun 2022 menggelar seremonial pembukaan Orientasi Studi Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru (OSKAB) hari ini, Sabtu (03/09/2022) di halaman kampus utama Unira Malang. Kegiatan OSKAB akan dilaksanakan pada 3 – 11 September 2022 dengan tema “Memperkokoh Generasi Khayra Ummah di Era Kampus Merdeka.”

Berbeda dengan perguruan tinggi lain yang menggunakan istilah Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Unira Malang memilih untuk menggunakan istilah OSKAB. Nama OSKAB dipilih dengan filosofi untuk menghilangkan jarak antara kampus dengan kehidupan Mahasiswa Baru.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap OSKAB Unira Malang ini bisa menjadi media untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan kehidupan kampus, dengan mahasiswa lama, dengan dosen, tekdik dan seluruh civitas akademika Unira. Sebagaimana bakso atau orang Malang bilang oskab yang memang dekat dengan kehidupan warga Malang.” Tutur Dafis, Ketua Panitia OSKAB Unira Malang.

Seluruh pimpinan Unira Malang tampak hadir secara lengkap dalam rangkaian kegiatan tersebut, baik dari unsur pimpinan yayasan, rektorat maupun jajaran dekanat. dalam agenda tersebut. Dari unsur rektorat  hadir secara langsung Rektor H. Imron Rosyadi Hamid, S.E., M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Sutomo, M.Sos, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kepegawaian  Dr. hilmi Muhammad, M.M, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Hasan Bisri, M.Pd.I.

Mahasiswa Baru mengikuti Kegiatan Pembukaan OSKAB Unira Malang Tahun 2022

Sedangkan dari unsur Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat (YPTIRR) hadir Ketua Yayasan
Dr. KH. Muhammad Hanief, M.Pd.I dan Sekretaris Yayasan Drs. Mahmud Ghozali, M.Si. Sedangkan dari undangan tampak hadir Asisten 1 Pemerintahan Kabupaten Malang Drs. Suwadji, S.IP., M.Si dan pimpinan dinas di lingkungan Pemkab Malang serta beberapa undangan dari stake holder terkait. Tidak ketinggalan juga nampak hadir beberapa pimpinan badan otonom PCNU Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Gus Im, sapaan akrab Rektor Unira, menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di kampus Unira Malang. Unira Malang merupakan kampus yang terbuka untuk semua. Unira Malang memiliki visi untuk melahirkan generasi khayra ummah melalui pengembangan Khayra Ummah university yang akan dicanangkan hingga tahun 2036.

Gus Im menjelaskan bahwa “Khayra ummah university Unira Malang dilandaskan setidaknya pada 3 prinsip, yakni pertama perdamaian atau peace education, kedua kewirausahaan sosial atau social enterprise dan yang ketiga keseimbangan alam yang diejawantahkan melalui green technology.”

Beliau juga mengingatkan bahwa para peserta oskab tahun ini merupakan bagian dari generasi yang akan ikut mewarnai dan berkontribusi besar pada peradaban bangsa Indonesia dalam memasuki Indonesia 100 tahun. Selain itu juga ditahun 2045 tersebut, mahasiswa baru saat ini akan menjadi bagian dari bonus demografi yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Namun, bonus demografi tidak akan menjadi peluang, bahkan akan menjadi ancaman tatkala tidak dipersiapkan. Oleh karena itu, kesempatan saat ini harus dipergunakan sebaik-baiknya dalam mengembangkan karakter khayra ummah, generasi terbaik, yang berilmu dan professional dalam dunia kerja yang akan datang”.

Senada dengan yang disampaikan oleh rektor, ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat (YPIRR) menyampaikan  bahwa mahasiswa yang diterima saat ini merupakan sedikit dari generasi yang memperoleh kesempatan untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

Oleh karenanya beliu berpesan agar mahasiswa mampu memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya dalam mengenyam pendidikan.  Selain itu, Unira yang sedari awal sudah menegaskan diri sebagai kampus untuk semua, maka akan terus memberikan kesempatan dan kemudahan setiap anak bangsa untuk menempuh pendidikan di Unira Malang.

Sedangkan dalam sambutan tertulisnya Bupati Malang yang dibacakan oleh Asisten Pemerintah Kesejahteraaan Rakyat, menyampaikan selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan oskab Unira  tahun 2022. Pemerintah Daerah Kabupaten Malang juga mengungkapkan terima kasih atas kontribusi Unira Malang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Malang.

Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa oskab ini bukan merupakan sarana perloncoan, bukan ajang balas dendam dari senior, melainkan sebagai sarana untuk mengenalkan kehidupan kampus yang sehat yang akan dijalani oleh mahasiswa baru hingga beberapa tahun kedepan.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pagar Nusa Unira Malang unjuk kebolehan dalam OSKAB 2022

Sebagai bentuk penjagaan dan pengharagaan terhadap nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal, dalam kesempatan tersebut ditampilkan pagelaran tari paras nusantara dan seni pencak silat pagar nusa. Kedua tampilan tersebut disajikan oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada dilingkungan kampus Unira Malang.Sebai informasi tambahan UKM Pagar Nusa merupakan salah satu UKM yang ada dan sudah beberapa kali menyabet gelar kejuaraan pencak silat baik regional maupun nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.