Breaking News: Gus Yaqut Ketua GP Ansor Jadi Menteri Agama Baru

  • Whatsapp

Sah! Presiden Jokowi mengangkat Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri Agama menggantikan Fachrul Rozi. Pengangkatan Yaqut langusng disampaikan Jokowi di Beranda Istana Kepresiden Jakarta di damping oleh Yai Ma’ruf Amin sebagai wapres.

“Beliau adalah tokoh muslim ketua GP Ansor dan akan kita beri tanggungjawab sebagai menteri Agama,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 23/12/2020).

Bacaan Lainnya

Besar di keluarga kiai Nahdlatul Ulama (NU), Gus Yaqut membangun kariernya dari Rembang. Ia muncul ke pentas nasional setelah menjadi Ketua Umum GP Ansor sekaligus sebagai Panglima Tertinggi Banser.

Yaqut Cholil Qoumas atau lebih akrab disapa Gus Yaqut dikenal sebagai tokoh NU Rembang yang menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor dan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Politikus kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 ini merupakan putra dari tokoh NU di Rembang, KH Muhammad Cholil Bisri sekaligus keponakan dari KH Mustofa Bisri atau biasa dikenal Gus Mus yang mendirikan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang.

Gus Yaqut menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia. Selama masih jadi mahasiswa, ia telah didapuk sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang UI Depok selama setahun hingga 1997.

Adik dari KH Yahya Cholil Staquf, Katib Aam PBNU, ini dikenal sebagai tokoh NU Rembang. Di tanah kelahirannya, ia pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKB sejak 2001. Di samping itu, Gus Yaqut mendirikan radio Radio Mata Air FM.

Pada 2004, Gus Yaqut duduk di DPRD Rembang. Tak lama kemudian, ia mengemban amanah baru sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010.
Setahun berikutnya, Gus Yaqut dipercaya sebagai Ketua GP Ansor periode 2011-2016.

Lalu, lewat Kongres GP Ansor XV yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Pandanaran, Sleman, Gus Yaqut terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020. Ia menggantikan posisi Nusron Wahid.

Tak hanya memimpin GP Ansor, Gus Yaqut duduk di Senayan dari Fraksi PKB sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah X periode 2015-2019.

Segenap redaksi NU Voices mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama semoga amanah.

Pewarta: Malik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *