Bersama LP Ma’arif, IPNU IPPNU Kota Malang Diskusi Strategi Internalisasi Aswaja di Lingkungan Sekolah

maarif NU, prof nur ali

MALANG – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Malang bersilaturahmi ke LP Ma’arif NU. Kunjungan tersebut merupakan rentetan agenda silaturahim IPNU IPPNU Kota Malang setelah kepengurusan PCNU masa 2022-2027 dilantik.

Bertempat di gedung Fakultas Tarbiyah UIN Malang, kunjungan tersebut disambut baik oleh Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd selaku ketua PC LP Ma’arif Kota Malang. Turut hadir dalam kesempatan itu, Rekan M. Chusni, Aby Adam Ubaidillah, Malik Handika serta Itmamul Wafa. Mereka tergabung dalam pengurus Jaringan sekolah dan Pesantren PC IPNU IPPNU Kota Malang.

Bacaan Lainnya

M. Chusni sebagai koordinator pengurus menjelaskan, agenda tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi awal kepada LP Ma’arif layaknya ‘bapak dengan anak’. Sebab, secara historis lahirnya IPNU merupakan embrio dari LP Ma’arif.

“Kita silaturahmi biasanya saja, saling kenal satu sama lain layaknya bapak dengan anak,” ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga berduskusi terkait tantangan pelajar saat ini. Menurutnya, adanya IPNU IPPNU seyogyanya mempunyai peran positif bagi pelajar saat ini. Apalagi, basis IPNU adalah pelajar SMP dan SMA.

“Kita juga berdiskusi dengan beliau (Prof. Nur Ali) bagaimana tantangan pelajar di era sekarang dan sisi mana IPNU IPPNU bisa berperan disana,” Imbuhnya.

Senada dengan itu, Prof. Nur Ali memberi saran kepada IPNU agar bisa menonjolkan sisi kepanduan layaknya pramuka. Sebab, yang dibutuhkan pelajar sekarang adalah kemampuan leadership, kedisiplinan dan komunikasi.

“Kalau bisa IPNU bisa mengambil peran seperti Pramuka. Seperti, pendidikan mental dan skill. Namun ada sisi keaswajaan yang masuk. Sehingga patriotis namun juga islami,” terang dekan Fakultas Tarbiyah tersebut.

Ia menambahkan, bahwa tantangan dakwah aswaja sekarang tidak harus dengan pengajian, namun harus kreatif.

“Nanti setelah pelatihan baris berbaris, ada agenda dibaan-nya. Itu kan dakwah yang menarik, artinya tujuan dan substansi adanya IPNU IPPNU di sekolah harus tetap berjalan. Selain itu, peningkatan aktualisasi diri pelajar juga harus dilakukan, seperti pelatihan publik speaking, manajemen, leadership, dan pelatihan skill lainnya yang menunjang pelajar tersebut dapat berkembang. ” imbuhnya.

Kedepannya PC IPNU IPPNU Kota Malang siap bersinergi dengan LP. Ma’arif terkait program yang sasarannya pelajar.

“InsyaAllah dalam waktu dekat, akan ada agenda Lomba Pelajar Ma’arif se-Kota Malang, nantinya dari IPNU IPPNU bisa ikut terlibat.” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.