Bangga! Kader Ansor Renovasi Sejumlah Makam Ulama Mesir

MESIR-Walau di tanah rantauan, kader Ansor Mesir mampu melestarikan nilai-nilai luhur yg diajarkan oleh para kiai. Salah satunya adalah dengan dengan melakukan renovasi makam di sejumlah makam para ulama Mesir pada kamis (02/09/2021)

Renovasi bertempat di makam Maulana Syekh Abdullah al-Syarqāwy; Grand Syekh Al-Azhar ke-12. Syekh al-Syarqāwy sudah tidak asing di telinga santri Indonesia, terutama melalui karyanya yang masyhur di kalangan pesantren; Hāsyiyah al-Syarqāwy ‘alā Tuhfah al-Thullāb.

Bacaan Lainnya

Sekretaris PCI GP Ansor Mesir dalam unggahan twitternya menyebutkan, renovasi makam meliputi pemasangan karpet (di bagian masjid dan ruang makam), tirai pintu, jendela, sajadah salat masjid, pewangi ruangan, sīrah dzātiyyah, dan bersih-bersih umum.

“Alhamdulillah, alhamdulillah. rasanya terharu, senang, dan campur aduk. Semoga dapat menjadi lantaran rida Allah dan para guru. Khususnya para kiai NU dan tentunya Maulana Syekh Abdullah al-Syarqāwy.” Twit @syahriannajah_ dalam akunnya

Ia menambahkan Rencana awal progam renovasi makam ini mencakup dua tahap. Tahap pertama adalah makam Imam Waki’ (Guru Imam al-Syāfi’i) dan tahap kedua adalah makam Sulthānul Ulamā’ Syekh al-‘Izz bin Abd al-Salām.

Namun karena makam Imam Waki’ sudah menjadi cagar budaya Mesir, renovasi harus melalui hubungan yang melibatkan kedua pemerintahan secara resmi melalui KBRI dan Kementerian Mesir terkait. Selain rumitnya perurusan, kendala waktu yang dibutuhkan juga harus lama.

“Untuk tahap kedua atau selanjutnya, Kami masih memusyawarahkan secara seksama, supaya progam ini dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran. Segala informasi lanjutan terkait progam ini akan selalu di-update melalu media sosial resmi Ansor Mesir.” Tulisnya

Tak lupa ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan usaha lahir dan batin. “Progam ini tentu tidak bisa berjalan tanpa bantuan dan dukungan pihak lain. Terutama para donatur yang telah ikhlas bederma demi terealisasinya progam ini.”

Pewarta: Malik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *