Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid Inisiasi Bedah Rumah 300 KK di Malang Raya

penyerahan simbolis hasil bedah rumah oleh cak udin sekjen DPP PKB anggota DPR RI
Anggota DPR RI dapil Malang Raya M Hasanuddin Wahid (Cak Udin) menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). (Foto: SCU)

MALANG – Anggota DPR RI dapil Malang Raya M Hasanuddin Wahid menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk menyulap 300 rumah tak layak huni menjadi layak huni di Malang Raya.

Cak Udin, sapaan akrab Hasanuddin Wahid, menyalurkan bantuan tersebut pada Minggu (5/6/2022). Sebanyak 300 rumah dibedah meliputi wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Bacaan Lainnya

“Kami di dapil menjalankan instruksi Ketum PKB Gus Muhaimin untuk membantu peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik, khususnya di sektor pembangunan,” katanya.

Cak Udin mengatakan kebutuhan primer terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal). Rumah yang layak adalah harapan seluruh masyarakat.

“Baiti jannati. Rumahku surgaku. Tempat tinggal yang nyaman akan membawa ketenangan dan ketentraman bagi penghuninya,” tutur Sekjen DPP PKB tersebut.

Program BSPS merupakan bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas rumah menjadi layak huni.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu program prioritas di RPJMN 2020-2024 dalam hal peningkatan infrastruktur pelayanan dasar dan peningkatan akses perumahan dan permukiman yang layak, aman, dan terjangkau.

Dijelaskan Cak Udin bahwa masing-masing penerima program BSPS mendapat fasilitas renovasi rumah dengan nilai maksimum Rp 20 juta. Waktu pengerjaannya untuk wilayah Malang Raya dimulai awal Juni 2022 hingga satu bulan ke depan.

“Bekerjasama dengan pengurus PKB di masing-masing kecamatan, kita sisir dan data masyarakat yang layak menerima bantuan ini. Dibantu oleh pemerintah desa setempat,” ungkap pria kelahiran Kota Batu itu.

Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan primer yakni tempat tinggal yang layak huni. “Untuk maintenance kita lepas setelah dibangun karena sifatnya stimulan. Ke depan akan terus ada dan dilanjutkan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.