Alasan Petingnya Pemerintah Harus Dekat Dengan Kiai Menurut Gus Kautsar

gus kautsar
Tangkapan layar di channel NU turen tv gus kautsar memberi penjelasan kepada jamaah (dpk.youtube)

MALANG – Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso, Mojo, Kediri Jawa Timur K.H. Abdurrahman Al-Kautsar atau lebih dikenal dengan Gus Kautsar, menyampaikan pentingnya pemerintah dekat dengan para ulama atau kiai. 

“Ketika ada masalah apapun itu yang terjadi, semuanya itu dikembalikan atau disowankan kepada para ulama. Minta arahan, langkah apa yang seharusnya kita ambil sikap,” ujar Gus Kautsar, Ahad (18/09/22) dalam acara Majelis Ta’lim PCNU Kabupaten Malang di Masjid Besar Gondanglegi.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Gus Kautsar menjelaskan hakikatnya aman yaitu bagaimana pentingnya bagi masyarakat untuk saling kompak dan mengingatkan antara kita semuanya.

“Kemudian beliau bersemboyan ‘Fasaadurro’iyyah yufasadal ‘umara’ dalam artian kesalahan yang besar, ketika ada persoalan para pejabat harus melakukan sowan (konsultasi) kepada para ulama atau kiai. Sebagaimana imam malik bin anas dawuh:

“La yanbaghi lil qodhi awil imam ayyatruka mujasatal ‘ulama, faidza nazalat bihi naazilat raddaha ilaihi wasyawarahu.”

Artinya: tidak layak seorang pejabat ditataran manapun, kemudian jauh dari kumpulan para ulama. Maka, ketika ada masalah apapun itu yang terjadi. Itu semuanya dikembalikan para ulama. 

Ulama adalah sosok orang yang pandai dalam bidang agama. Posisinya selalu dijadikan sebagai pusat panutan.

Hanya, status ulama itu kadang diartikan sebagai orang yang khusyuk dalam hal agama saja dan tidak boleh ikut serta dalam pemerintahan.

Dalam kesempatan lain, ia meminta terutama dalam keamanan suatau daerah atau negara. Santri dan seorang muslim untuk membuat kenyamanan supaya hidup kita aman dan tentram.

“Sebagaimana dijelaskan dalam kitab karya KH. Hasyim Asy’ari dikitab Qanun Asasi dilembaran muqaddimah bahwa kita seyogyanya bisa berkelompok, saling rukun, kompak, dan saling membangun sayang diantara kita,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.