3000 Eksemplar Kitab Tentang Al-Syaikh Nawawi Banten Akan Dihadiahkan Untuk Peserta Muktamar Ke-34 NU Di Lampung

3000 Eksemplar Kitab Tentang Al-Syaikh Nawawi Banten Akan Dihadiahkan Untuk Peserta Muktamar Ke-34 NU Di Lampung

Disaksikan oleh sahabat KH. Imam Aziz, (Ketua OC Muktamar ke-34 NU), Kitab Tuhfat al-Qashi wa al-Dani oleh muallif-nya, KH. Zulfa Musthofa, (Katib Syuriah PBNU), ditandatangani dan dihadiahkan kepada saya pada saat sedang berlangsung Rapat Panitia Muktamar ke-34 NU di Lantai 4 Gedung PBNU, Jakarta.

Kitab setebal 258 halaman tersebut yang judul lengkapnya adalah
تحفة القاصي والداني في ترجمة الشيخ محمد نووي بن عمر البنتني : حياته وعصره ومشايخه وزملائه وتلامذته وكتبه وآثاره العلمية للأجيال الإندونوسية
telah dicetak sebanyak 3.500 eksemplar dan rencananya akan dibagikan gratis sebanyak 3.000 eksemplar khusus sebagai hadiah untuk peserta Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Bacaan Lainnya

Kitab berbahasa Arab tersebut cukup istimewa karena menjelaskan tentang berbagai aspek sejarah kehidupan al-Syaikh Nawawi bin Umar al-Banteni secara lebih terperinci dan lengkap, jauh lebih lengkap dari karya-karya ilmiah sebelumnya.

Untuk menambah wawasan sejarah dan keilmuan Islam, saya menyarankan, khususnya kepada para santri dan para kyai agar membaca kitab yang bermutu tersebut. Saya juga mengusulkan agar sebaiknya kitab yang dicetak dalam Bahasa Arab ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, sehingga informasi ilmiah terkait al-Syaikh Nawawi juga dapat dinikmati oleh para pembaca dalam cakupan yang lebih luas.

Penulisnya telah melakukan riset ilmiah dengan tekun, teliti, dan berhati-hati untuk menghindari simpulan yang keliru. Penulisnya lebih dahulu mengumpulkan data, mengolah, mengklasifikasi, dan telah menganalisisnya dengan baik, bahkan juga mengumpulkan informasi melalui wawancara, dan mengambil suatu simpulan, sehingga menjadi sebuah buku berbahasa Arab yang menambah “gizi” ilmu yang bermanfaat bagi setiap pembacanya.

Saya juga termasuk salah seorang yang diwawancarai oleh penulisnya disela-sela kesibukan mengikuti kegiatan Pleno PBNU pada 7/9/2021, di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, yang diadakan untuk mengambil keputusan tentang waktu dan tempat Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi NU yang kemudian telah dilaksanakan pada 25-26/9/2021 di Jakarta.

Nama saya dicantumkan dalam footnote pada halaman 146:
مقابلة شخصية من كياهي عصام الدين لامفونج Lampung تلميذ كياهي عبد الله فقيه لانجيتان

“Wawancara pribadi dengan Kyai (Ahmad) Ishomuddin Lampung, santri Kyai Abdullah Faqih Langitan”

Panitia Muktamar ke-34 NU menyambut gembira penghadiahan 3.000 eksemplar kitab ilmiah karya KH. Zulfa Musthofa, salah seorang murid utama KH. M.A. Sahal Mahfudz Kajen (alm.), untuk para peserta Muktamar ke-34 NU di Lampung dan juga menghaturkan banyak terima kasih. Jazakumullah khairan katsira….

Oleh: Ahmad Ishomuddin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.